PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MATEMATIKA I MELALUI PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS SELF REGULATED LEARNING

yul Ifda Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisika Matematika I menggunakan bahan ajar berbasis self regulated learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan melibatkan sampel satu kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan bahan ajar berbasis self regulated learning. Instrumen penelitian adalah tes uraian kognitif dengan analisis data menggunakan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata indeks gain hasil belajar mahasiswa pada setiap pertemuan mengalami peningkatan sehingga disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis self regulated learning pada pembelajaran Fisika Matematika I dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Self Regulated Learning, Fisika Matematika I


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17591

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.