PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X-MIA SEMESTER II MAN BINJAI

Yolanda Bidari Dwi Sulani, Togi Tampubolon, Epinta Br Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIA MAN Binjai. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X-MIA 1 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 40 siswa dan diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan lembar observasi aktivitas. Berdasarkan hasil uji t diperoleh ada perbedaan hasil belajar yang signifikan, dengan kata lain ada pengaruh penggunaan model problem based learning berbantu macromedia flash terhadap hasil berlajar siswa dan meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Kata Kunci: : model problem based learning, macromedia flash, hasil belajar, fluida statis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i1.17598

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.