PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi di MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian terdiri dari 25 soal berbentuk pilihan berganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,03 dan kelas kontrol adalah 31,00 dan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 88,80 dan kelas kontrol adalah 66,11. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X MAN 3 Medan.
Kata Kunci: Inquiry Training, Hasil Belajar, Macromedia Flash, Pengukuran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18677
Article Metrics
Abstract view : 185 timesPDF - 145 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.