PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN

Indri Damayanti, Sabani Sabani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi di MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian terdiri dari 25 soal berbentuk pilihan berganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,03 dan kelas kontrol adalah 31,00 dan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 88,80 dan kelas kontrol adalah 66,11. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X MAN 3 Medan.

Kata Kunci: Inquiry Training, Hasil Belajar, Macromedia Flash, Pengukuran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18677

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.