PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADAMATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMANEGERI 4 TEBING TINGGI T.P 2019/2020

Rika Mawarni, Ridwan Abdullah Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif (KBK) siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 4 Tebing Tinggi yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Kelas eksperimen diterapkan PjBL berbasis STEM dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk uraian sebanyak 8 item untuk mengukur KBK. Nilai rata-rata pretest KBK kelas eksperimen adalah 36,96 dan kelas kontrol 36,43. Berdasarkan hasil uji t diperoleh kemampuan awal siswa pada kedua kelas adalah sama dalam hal KBK. Nilai rata-rata posttest eksperimen adalah 74,46 dan kontrol 68,30. Berdasarkan uji t terdapat perbedaan yang signifikan, yang berarti ada pengaruh PjBL berbasis STEM terhadap KBK.

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Model Project Based Learning, Dan STEM


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18678

Article Metrics

Abstract view : 1788 times
PDF - 1472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.