PENGARUH MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model generative learning terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan di kelas X SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test post-test Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel Dengan cara cluster random sampling terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Di peroleh postes kelas eksperimen 75,8 dan kelas kontrol 69,0. Hasil pengujian menunjukkan (2,53) > (1,67). Terdapat pengaruh model generative learning terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan.
Kata Kunci: Generative Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18682
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 122 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.