PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Beatrik Nova, Mariati Purnama Simanjuntak, Lismayadi Lismayadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII-b SMP Negeri 37 Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa secara umum pada materi pembelajaran IPA serta siswa  menganggap pembelajaran IPA salah satu pembelajaran yang  sulit dan susah untuk di pahami. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik, yang bertujuan mengubah keadaan kelas yang sebelumnya pasif menjadi aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada semester genap 2019/2020  di kelas VIII-b sebanyak 30 orang di SMP Negeri 37 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata kelas 73,2 dengan ketuntasan belajar 72,1%, pada siklus II hasil belajar dan ketuntasan belajar meningkat menjadi 83,5 dan 79,8%. Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan dapat mengubah keadaan kelas yang semulanya pasif menjadi aktif serta meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18683

Article Metrics

Abstract view : 334 times
PDF - 208 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.