PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII-b SMP Negeri 37 Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa secara umum pada materi pembelajaran IPA serta siswa menganggap pembelajaran IPA salah satu pembelajaran yang sulit dan susah untuk di pahami. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik, yang bertujuan mengubah keadaan kelas yang sebelumnya pasif menjadi aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada semester genap 2019/2020 di kelas VIII-b sebanyak 30 orang di SMP Negeri 37 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata kelas 73,2 dengan ketuntasan belajar 72,1%, pada siklus II hasil belajar dan ketuntasan belajar meningkat menjadi 83,5 dan 79,8%. Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan dapat mengubah keadaan kelas yang semulanya pasif menjadi aktif serta meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18683
Article Metrics
Abstract view : 336 timesPDF - 210 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.