PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 13 MEDAN

Hasri Indah Asiah, Yuli Apriani, Retno Dwi Suyanti, Adam Adam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 13 Medan dengan menggunakan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tiap tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksaan di Kelas VIII-2 SMP Negeri 13 Medan yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini difokuskan pada materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan instrumen yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I, rata-rata nilai pretest 65,67 dengan siswa sebanyak 35 orang, sedangkan pada siklus II, rata-rata nilai post-tes  siswa adalah 79,08 dengan siswa sebanyak 35 orang (88%) mencapai nilai ≥76. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan sikap siswa terhadap proses pembelajaran.

Kata Kunci: Discovery Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18684

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.