PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Nanda Alwardah, Riska Wahyuni, Moondra Zubir, Nuraini Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VII SMP dengan penerapan model discovery learning dengan menggunakan media video animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 30 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan berganda dan urian sebanyak 40 soal dengan 4 pilihan pada materi Kalor dan Perpindahan Kalor. Pembelajaran dilakukan dengan dua siklus serta setiap pembelajaran dilakukan pretes dan postes. Nilai rata-rata pre-tes siklus I: 29,10 dan siklus II: 40,00. Nilai rata-rata postes siklus I: 74,00 dan siklus II: 81,30. Persentasi peningkatan N-gain hasil belajar pada silus I: 58,6% pada kategori sedang dan sisklus II: 78,6% pada katagori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik SMP dengan menerapkan model discovery learning dengan menggunakan media video animasi pada materi Kalor dan Perpindahan Kalor.

Kata Kunci: Model Discovery Learning, Media Video Animasi, Hasil Belajar, Kalor Dan Perpindahan Kalor

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18685

Article Metrics

Abstract view : 384 times
PDF - 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.