PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KEMAGNETAN

Nina Riana Harahap, Erpida Ompusunggu, Nurliana Marpaung, Sarwo Edy Pulungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganilis peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 36 Medan yang terdiri dari 28 siswa.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan lembar tes kreativitas siswa dan lembar angket untuk mengetahui respon terhadap pembelajaran pada materi Kemagnetam. Hasil tes kreativitas siswa pada siklus I≥75% siswa termasuk dalam kriteria cukup kreatif dengan interval sebesar 56%–70%, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu ≥75% siswa termasuk dalam kriteria kreatif dengan interval sebesar 71%–85%. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan yaitu memiliki kategori baik dengan interval 51%–75%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) ada peningkatan kreativitas siswa dan efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Kreativitas, Kemagnetan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18686

Article Metrics

Abstract view : 560 times
PDF - 377 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.