PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 35 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa SMP dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas VII-5 SMP NEGERI 35 Medan pada materi Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dan masing masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-5 SMP NEGERI 35 Medan T.A 2019/2020. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik Pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil analisis data siswa pada siklus I diperoleh dengan rata rata 70,00 dalam kriteria baik, pda siklus II diperoleh data dengan rata rata 80,50 dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 35 Medan.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, PTK
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18688
Article Metrics
Abstract view : 458 timesPDF - 192 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.