PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS IBL (INQUIRY BASED LEARNING) PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD fisika berbasis IBL (Inquiry Based Learning) pada materi pokok Rangkaian Arus Searah untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Bilingual Semester 6 berjumlah 17 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji kelayakan oleh dosen ahli materi, angket uji kelayakan oleh guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis IBL (Inquiry Based Learning). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh respon mahasiswa aspek tampilan dan bahasa memperoleh 92,1%, penyajian LKPD 82,8% dan manfaat isi 79,4% sehingga respon mahasiswa terhadap LKPD yang dikembangkan berdasarkan beberapa aspek memperoleh rata-rata 84,7 % dengan kategori sangat Layak.
Kata Kunci: LKPD, Inquiry Based Learning, Rangkaian Arus Searah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i2.18691
Article Metrics
Abstract view : 336 timesPDF - 219 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.