PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P 2018/2019

Afrina Dearny Damanik, Eva Marlina Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI)  terhadap hasil belajar siswa pada materi Gelombang Bunyi di Kelas XI Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas XI-MIA1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan XI-MIA2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, masing – masing kelas terdiri dari 36 orang.  Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 20 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 83.61 dan kelas kontrol 73.61. Hasil penelitian dengan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi Gelombang Bunyi di kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar, Gelombang Bunyi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19791

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.