PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi Gelombang Bunyi di Kelas XI Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas XI-MIA1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan XI-MIA2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, masing – masing kelas terdiri dari 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 20 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 83.61 dan kelas kontrol 73.61. Hasil penelitian dengan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi Gelombang Bunyi di kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2018/2019.
Kata Kunci: Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar, Gelombang BunyiFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19791
Article Metrics
Abstract view : 90 timesPDF - 80 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.