ANALISIS PENERAPAN KOMPONEN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI BEBERAPA SEKOLAH SMA DI KOTA BINJAI

Alex Santri Nababan, Juru Bahasa Sinuraya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada pembejaran fisika oleh guru di beberapa sekolah kota Binjai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI peminatan Matematika dan Ilmu Alam pada semester II tahun 2018/2019 SMAN 3 Binjai dan SMAN 4 Binjai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket, lembar observasi untuk melihat penerapan komponen pendekatan saintifik pada pelaksanaan pembelajaran dan analisis RPP untuk melihat kesesuaian RPP guru dengan RPP yang terdapat di Peraturan Pemerintah dan digunakan sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil analisis data, kesesuaian RPP yang dibuat guru dengan RPP yang tertuang di Peraturan Pemerintah diperoleh persentase  87% untuk SMAN 3 Binjai dan 89% untuk SMAN 4 Binjai termasuk dalam kategori baik. Hasil rata-rata pelaksanaan komponen pendekatan saintifik yang diperoleh melalui angket dan observasi berturut-turut untuk SMAN 3 Binjai pada tahap mengamati 75%, tahap bertanya 75%, tahap mengumpulkan informasi 80%, tahap mengasosiasi 70% dan tahap mengkomunikasi 88%, sedangkan rata-rata yang diperoleh untuk SMAN 4 Binjai pada tahap mengamati 75%, tahap bertanya 61%, tahap mengumpulkan informasi 70%, tahap mengasosiasi 90% dan tahap mengkomunikasikan 88%. Berdasarkan data yang diperoleh, kesesuaian RPP guru dengan RPP yang terdapat di Peraturan Pemerintah sudah dalam kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran dengan komponen pendekatan saintifik pada pelajaran fisika sudah berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Proses Pelaksanaan, Kurikulum 2013 dan Proses Perencanaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19792

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.