ANALISIS PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DIKELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

Embun Lestari, Sahyar Sahyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas proses pembelajaran, kualitas kemampuan berpikir kritis dan kualitas hasil belajar fisika (2) mengetahui pengaruh proses pembelajaran dan berpikir kritis secara parsial terhadap hasil belajar fisika, dan (3) mengetahui pengaruh proses pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis secara simultan terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X IPA Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional. Populasi seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Medan berjumlah 201 siswa menggunakan teknik proporsional random sampling terpilih 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, soal dan data sekunder nilai fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji F. Sebelum uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uj persyaratan analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, multikolinearitas dan heterokedastisitas. Melalui analisis data diperoleh persamaan regresi Y= 13,88 + 0,19X1+ 0,39X2+ e dimana X1 adalah variabel proses pembelajaran dan X2 adalah variabel kemampuan berpikir kritis dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,448 (44,8%). Melalui pengujian hipotesis diperoleh ada pengaruh parsial yang signifikan dari variabel proses pembelajaran, kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh simultan yang positif sebesar 44,8% pada variabel proses pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika.

Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Fisika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19795

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.