PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR PENGETAHUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA

Febrianto Bayu Anggara Saputra, Wawan Bunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal-soal tes essai keterampilan proses sains yang memenuhi kualifikasi baik meliputi tingkat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan tingkat daya beda. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan analysis, design, developmen, implementation, evaluate (ADDIE). Prosedur pengembangan produk melalui tahap analisis hingga evaluasi. Tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis strudi literatur dan analisis siswa. Prosedur desain yaitu penentuan indicator yang akan digunakan, penyusunan kisi-kisi. Prosedur selanjutnya tahap pengembangan menyusun instrumen, validasi pakar selanjutnya tahap penerapan uji coba produk pada siswa. Tahap terakhir adalah evaluasi instrumen melalui angket respon guru dan peserta didik terhadap instrumen yang diberikan. Instrumen yang dikembangkan sebanyak 8 soal dari 10 soal dan telah divalidkan oleh validator. Validitas yang diperoleh dari 8 soal adalah 7 soal valid dan 1 soal tidak valid. Selanjutnya nilai reliabilitas yang diperoleh cukup tinggi dengan nilai reliabilitas sebesar 0,70.

Kata Kunci: Instrumen, Keterampilan Proses Sains, Model ADDIE

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19796

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.