PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR PENGETAHUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal-soal tes essai keterampilan proses sains yang memenuhi kualifikasi baik meliputi tingkat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan tingkat daya beda. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan analysis, design, developmen, implementation, evaluate (ADDIE). Prosedur pengembangan produk melalui tahap analisis hingga evaluasi. Tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis strudi literatur dan analisis siswa. Prosedur desain yaitu penentuan indicator yang akan digunakan, penyusunan kisi-kisi. Prosedur selanjutnya tahap pengembangan menyusun instrumen, validasi pakar selanjutnya tahap penerapan uji coba produk pada siswa. Tahap terakhir adalah evaluasi instrumen melalui angket respon guru dan peserta didik terhadap instrumen yang diberikan. Instrumen yang dikembangkan sebanyak 8 soal dari 10 soal dan telah divalidkan oleh validator. Validitas yang diperoleh dari 8 soal adalah 7 soal valid dan 1 soal tidak valid. Selanjutnya nilai reliabilitas yang diperoleh cukup tinggi dengan nilai reliabilitas sebesar 0,70.
Kata Kunci: Instrumen, Keterampilan Proses Sains, Model ADDIEFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19796
Article Metrics
Abstract view : 206 timesPDF - 154 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.