PENGEMBANGAN INSTRUMEN BEBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI KABUPATEN LANGKAT T.P 2018/ 2019

Julia Sari Daulay, Sabani Sabani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tingkat berpikir siswa menjadi higher order thingking skills (HOTS) yang membantu siswa berpikir kritis, kreatif,  problem solving, mengambil keputusan  serta dapat menganalisis, mengevaluasi dan mencipta dengan baik. Desain penelitian yang dilakukan menggunakan model 4D (four-D models) terdiri dari 4 tahap, yaitu : (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah siswa/ siswi SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat kelas X pada materi usaha dan energi. Instrumen yang digunakan berbasis HOTS. Berdasarkan hasil uji coba validasi ahli memiliki persentase tertinggi 95,5% (sangat baik) dan nilai terendah 86% (baik), hasil validitas butir memiliki nilai tertinggi 0,89 (korelasi sangat tinggi) dan nilai terendah 0,62 (korelasi tinggi), hasil reliabilitas memiliki nilai 0,97 (reliabilitas sangat tinggi), hasil tingkat kesukaran memiliki nilai tersukar 0,6 (tingkat kesukaran sedang) dan nilai terendah 0,26 (tingkat kesukaran sulit), dan hasil daya beda memiliki nilai pembeda tertinggi 0,47 (daya beda baik) dan niali pembeda terendah 0,22 (daya beda cukup). Berdasarkan keterangan tersebut, maka kesimpulan instrumen tes berbasis  HOTS kelas X materi usaha dan energi yang dikembangkan oleh peneliti mendapatkan hasil yang valid dari kelima instrumen soal yang diujikan dan sangat layak berdasarkan kelayakan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Kata Kunci: Pengembangan Instrumen, HOTS, Usaha Dan Energi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19800

Article Metrics

Abstract view : 293 times
PDF - 292 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.