PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA SWASTA ANGKASA 1 LANUD SOEWONDO MEDAN T.P 2018/2019

Liza Yolanda, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar ranah kognitif dan mendeskripsikan aktivitas siswa kelas X semester II pada materi pokok Impuls, Momentum dan Tumbukan di SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretes-posttes  . Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X semester genap SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal essay tes sebanyak 8 soal yang telah divalidasi untuk mengukur hasil belajar. Hasil analisis data hasil belajar siswa diawali dengan uji normalitas, homogenitas dan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 24,97 dan kelas kontrol  23,20.  Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 70,00 dan kelas kontrol 60,43 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Penilaian aktivitas belajar siswa diperoleh dari observasi yang dilakukan observer ketika pembelajaran berlangsung sesuai dengan indikator aktivitas belajar yang telah ditentukan dan diperoleh rata-rata sebesar 69 % termasuk dalam kategori cukup aktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping pada materi pokok Impuls, Momentum dan Tumbukan di SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan T.A. 2018/2019.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Mind Maping, Hasil Belajar Ranah Kognitif, Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19801

Article Metrics

Abstract view : 302 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.