PENINGKATAN AKTIVITAS UNTUK PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pencapaian hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Training. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA Semester II SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIA-3 sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan dan tes hasil belajar berupa essay berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya peningkatan aktivitas belajar berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Inquiry Training
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19802
Article Metrics
Abstract view : 95 timesPDF - 103 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.