PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN T.P. 2018/2019

Soraya Najiha, Abubakar S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X  SMA Swasta Al-Ulum Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X semester II SMA Swasta Al-Ulum Medan yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan  diberikan perlakuan berbeda, kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training  dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes essai yang terdiri dari 8 item. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,83 dan kelas kontrol 34,08 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,52 dan kelas kontrol 62,08. Hasil uji t data postes menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training  pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Swasta Al-Ulum Medan T.P 2018/2019.

Kata Kunci: Inquiry Training, Hasil Belajar, Aktivitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i3.19804

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.