Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Dengan Model Quantum Learning Teknik Membaca, Mencatat, dan Menghapal Menggunakan Peta Pikiran di Jurusan Fisika FMIPA Unimed T.P. 2006 / 2007.

Derlina ., Nurdin Bukit

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran tentang hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Angkatan 2004, pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika sebelum dan sesudah menggunakan Quantum Learning teknik membaca, mencatat dan menghapal dengan menggunakan peta pikiran. (2) Mengetahui aktivitas yang dilakukan mahasiswa selama pembelajaran menggunakan model Quantum Learning. (3) Mengetahui pendapat mahasiswa tentang model pembelajaran Quantum Learning. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Angkatan 2006 / 2007 yang mengikuti mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika. Sampel diambil satu kelas yang ditentukan secara cluster random sampling yaitu kelas A. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengan memberi perlakuan pada kelompok sampel yang dilakukan melalui model pembelajaran Quantum Learning teknik membaca, mencatat dan menghapal. Rancangan penelitian menggunakan model one – group – pre test – post test design.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pembelajaran model Quantum Learning diperoleh nilai pre tes rata-rata 40,17, pos tes rata-rata 78,17 dan peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar 30%. Aktivitas belajar mahasiswa secara umum baik dan bervariasi. Mahasiswa berpendapat model pembelajaran Quantum Learning menyenangkan karena dapat meningkatkan kreativitas, ide-ide, dan  dapat melatih ingatan.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v1i2.2002

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.