PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P. 2013/2014

Rita Juliani, Saima Putrini R. Harahap

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor kelas X Semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2013/2014. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 31,29 dan kelas kontrol 30. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 76,71 dan kelas kontrol 64,39. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 73,72 termasuk kategori baik. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,729 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel maka H  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor.

 

Kata Kunci : kooperatif tipe TGT, desain two group pretest-postest, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2112

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.