PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIPISPIS T.P. 2012/2013

Rizki Syahputri, Togi Tampubolon

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester II pada materi pokok Cahaya di SMPN 1 Sipispis T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah Two group pretest-posttest design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sipispis yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster  random sampling yaitu kelass VIII-A yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C  yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data uji  t diperoleh thitung =  5,64 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > t tabel (5,64 > 1,67) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran Problem Solving pada materi pokok Cahaya di kelas VIII semester II SMPN1 Sipispis T.P. 2012/2013.

Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran Problem Solving


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2113

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.