PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPA UNTUK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SUPERVISI KLINIS

Adimirpan Punantara Sitopu

Abstract


Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru IPA dalam membuat media pembelajaran dengan supervise klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS), yang dirancang mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi serangkaian yang saling terkait (berkesinambungan) dengan 2 siklus,  setiap siklus terdiri 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi  yang diikuti oleh perencanaan pada siklus berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Solusinya  dirancang berdasarkan kajian teori pembelajaran dan input dari lapangan. Adapun rancangan solusi yang dimaksud adalah tindakan berupa supervisi klinis yang dilakukan secara kaloboratif yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang guru yang terdiri dari 7 sekolah SMP Binaan Tim IV Kabupaten Deli Serdang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru IPA dalam membuat media pembelajaran dengan supervise klinis.

Kata Kunci : Kompetensi Guru, Supervisi Klinis, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i4.21132

Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.