PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPA UNTUK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SUPERVISI KLINIS
Abstract
Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru IPA dalam membuat media pembelajaran dengan supervise klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS), yang dirancang mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi serangkaian yang saling terkait (berkesinambungan) dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang diikuti oleh perencanaan pada siklus berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Solusinya dirancang berdasarkan kajian teori pembelajaran dan input dari lapangan. Adapun rancangan solusi yang dimaksud adalah tindakan berupa supervisi klinis yang dilakukan secara kaloboratif yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang guru yang terdiri dari 7 sekolah SMP Binaan Tim IV Kabupaten Deli Serdang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru IPA dalam membuat media pembelajaran dengan supervise klinis.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Supervisi Klinis, Media PembelajaranFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i4.21132
Article Metrics
Abstract view : 177 timesPDF - 120 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.