DESAIN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH DAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa, khususnya dalam pembelajaran IPA di SMP. Pembelajaran IPA berbasis problem based learning (PBL) dan multirepresentasi dirancang sebagai salah satu alternatif pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan kurikulum 2913 revisi. Desain pembelajaran PBL berbasis multirepresentasi ini dikembangkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk kelas VII yang dapat membuat pemahaman konsep siswa lebih baik dan melatih keterampilan pemecahan masalah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan research & development dengan model define, design, develop, & dessiminate (4D). Penelitian ini masih pada tahap define & design.Data diperoleh melalui studi literatur, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh berupa desain pembelajaran IPA berbasis problem based learning (PBL) dan multirepresentasi yang dapat mengembangkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa. Sintaks pembelajaran PBL yang digunakan adalah mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu penyelidikan individual dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Multirepresentasi yang digunakan adalah verbal, grafik, tabel, persamaan matematis, dan gambar.
Kata Kunci: problem based learning, multirepresentasi, pemecahan masalah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i4.21134
Article Metrics
Abstract view : 410 timesPDF - 226 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.