PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MUTLIREPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA TINGKAT SMA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Melani Dwi Putri, Nurliana Marpaung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan multirepresentasi terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi Momentum dan Impuls di kelas X semester II SMACerdas Murni T.P. 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan desain twogroup pretest-posttest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X-MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah fisika dalam bentuk essay sebanyak 8 soalĀ  dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen78,87dan kelas kontrol 67,67. Melalui pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan multirepresentasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls.

Kata Kunci: problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, multirepresentasi, momentum dan impuls


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i4.21135

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.