PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KKNI PADA MATERI MATRIKS DAN RUANG VEKTOR DI PRODI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS DARMA AGUNG

Rameyanti Tampubolon, Richie Erina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat respon mahasiswa dalam belajar matriks dan ruang vector terhadap bahan ajar berbasis KKNI berstandart BSNP yang telah divalidkan oleh validator. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari mendefenisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop), akan tetapi pelaksaannya hanya digunakan sampai tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama dilakukan pendefenisian atau tahap pendahuluan; tahap kedua dilakukan merancang bahan ajar; tahap ketiga mengembangkan bahan ajar berbasis KKNI. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa agket penilaian respon/sikap mahasiswa dan dianalisis menggunakan rumus persentase kelayakan, dan diperoleh: 1) tampilan bahan ajar terdiri dari 4 indikator sebesar 85,12% dengan sangat tertarik; 2) penguasaan konsep terdiri dari 4 indikator, sebesar 89,29% dengan kategori sangat tertarik; 3) motivasi belajar terdiri dari 3 indikator, sebesar 91,07% dengan category sangat tertarik, dan 4) perolehan sumber informasi terdiri dari 4 indikator sebesar 86,90% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: bahan ajar, matriks dan ruang vektor, respon ketertarikan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i4.21137

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.