PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 13 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan simulasi Physics Education and Technology (PhET) terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas kelas XI SMA Negeri 13 Medan. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol masing-masing 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu yang pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan instrumen nontes untuk mengukur aktivitas dan kemampuan keterampilan siswa. Nilai rata-rata dari hasil penelitian pretes pada kelas eksperimen adalah 46,40 dan pada kelas kontrol adalah 48,60. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan simulasi PhET sebesar 71,20 sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh 62,60. Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan simulasi PhET berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sehingga model ini dapat digunakan pada proses pembelajaran fisika.
Kata Kunci: Kooperatif tipe numbered head together, PhET, hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i4.21138
Article Metrics
Abstract view : 90 timesPDF - 91 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.