PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTU PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI 15 MEDAN T.P 2012/2013

Sartika Sari Rambe, Sahyar .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantu peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Negeri 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester genap SMP Negeri 15 Medan  terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-6 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-7 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 43 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang dengan menerapkan model pembelajarankooperatif tipe TPS berbantu peta pikiran dengan model pembelajaran konvensional di kelas VIII semester genap SMP Negeri 15 Medan T.P. 2012/2013. Data aktivitas siswa (Psikomotorik) menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh skor 77,6 dengan kategori  cukup baik dan data afektif pada kelas eksperimen 76 dengan kategori baik, sedangkan kelas kontrol 71,9 dengan kategori baik.

Kata Kunci   :         Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS berbantu Peta Pikiran, Konvensional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2114

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.