PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Sari Marina Rumahorbo, Motlan Motlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester I SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan penelitian two group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 8 soal berbentuk essai. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa di kelas XI semester I pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI Mia semester I di SMAN 2 Percut Sei Tuan.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, fluida dinamis, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v8i4.21142

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.