PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ALAT- ALAT OPTIK KELAS X SEM II SMA N 2 LUBUK PAKAM T.P. 2013/2014

Jonny Haratua Panggabean, Novelitasya Butar-butar

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok alat-alat optik di kelas X  SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.P 2013/2014 serta aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling dengan desain pre-test and pos-test group, kelas X IPA-5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dan masing-masing berbantu macromedia flash. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option yang telah dinyatakan valid dan lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk kelas eksperimen. Dari hasil pengujian dengan uji t pada taraf signifikansi (α) = 0,05 menunjukkan ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Alat-alat Optik di kelas X Semester II SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.P. 2013/2014. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar tiap pertemuan, rata-rata aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan I sebesar 43,50%, pertemuan II 58,75% dan pertemuan III 68,00%. Analisis uji Gain dengan g = 0,47 menunjukkan bahwa interpretasi peningkatan aktivitas belajar siswa adalah sedang.

 

Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif  tipe STAD, macromedia flash


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2125

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.