PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN INTEGRASI KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOKGAS IDEAL DI SMA N 1 HINAI T.P. 2011/2012

Young Arif Nugraha, Betty M Turnip

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan integrasi karakter dan kooperatif tipe STAD tanpa integrasi karakter, 2) mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang karakternya meningkat dan hasil belajar siswa siswa yang karakternya tidak meningkat, 3) mengetahui interaksi antara faktor pembelajaran dengan faktor karakter siswa dalam meningkatkan hasil belajar fisika pada materi pokok gas ideal di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Hinai T.P. 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen Two Group Pretest-Posttest Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Hinai T.P.2011/2012 yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster  random sampling dengan jumlah sampel masing sebanyak 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada pretes dan postes menggunakan instrumen tes pilihan berganda sebanyak 20 item, dan observasi karakter.Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian 2x2 pada taraf signifikansi α = 0,05, diperoleh Fhitung = 7465 dan Ftabel = 3,15. Fhitung> Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan integrasi karakter dengan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD tanpa integrasi karakter pada materi pokok persamaan keadaan gas ideal di kelas XI SMA Negeri 1 Hinai T.P. 2011/2012. Dengan demikian, model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Integrasi Karakter bisa digunakan untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan sampel yang berbeda. Sebagai saran bagi peneliti selanjutnya agar menambah observer dan waktu penelitian, agar akurasi dalam meneliti karakter siswa lebih tepat.

 

 

Kata kunci : Kooperatif Tipe STAD, karakter, hasil belajar, fisika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2130

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.