PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK TEKANAN KELAS VIII SMP NEGERI 5 STABAT T.P. 2013/2014

Nora Hawari Daulay, Usler Simarmata

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester II pada materi pokok tekanan di kelas VIII semester II SMP Negeri 5 Stabat T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 5 Stabat yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 320 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak, yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 42,38 dan nilai rata-rata kelas kontrol 41,88. Setelah dianalisis data kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 67,13 dan kelas kontrol 60,13. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 63,66 termasuk kategori aktif. Berdasarkan hasil analisis uji beda dengan menggunakan uji t diperoleh ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model konvensional pada  materi pokok tekanan di kelas VIII semester II SMP Negeri 5 Stabat T.P. 2013/2014 dengan kata lain hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada  materi pokok tekanan di kelas VIII semester II SMP Negeri 5 Stabat T.P. 2013/2014.

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TAI, hasil belajar,  aktivitas.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2135

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.