PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II MAN 3 MEDAN T.P 2018/2019

Fitri Handayani, Karya Sinulingga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini  adalah quasi experiment  dengan desain two group pre-test dan post-test.  Populasi penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan yang berjumlah 150 siswa. Sampel penelitian dilakukan secara simple random sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu kelas X-MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan test. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif siswa. Analisa data untuk pre-test kelas eksperimen diperoleh rata-rata 34,96 dan pre-test kelas kontrol diperoleh rata-rata 31,33. Post-test  kelas eksperimen memperoleh rata-rata 64,36 dan post-test kelas kontrol memperoleh rata-rata 58,70. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis postes thitung > ttabel pada taraf nyata 0,05 artinya Ho diterima menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa materi pokok suhu dan kalor. Rata-rata nilai aktivitas siswa di kelas eksperimen diperoleh 75,47 dengan kategori aktif.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i1.23766

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.