PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN REAL LABORATORY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2018/2019

Chalidazia Ananda Nasution, Pintor Simamora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan real laboratory terhadap hasil belajar siswa pada materi Pengukuran di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling terpilih kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil objektif sebanyak 20 soal. Di peroleh postes kelas eksperimen 72,5 dan kelas kontrol 51,3. Hasil pengujian menunjukkan (8,35) > (2,00).  Terdapat pengaruh model quantum teaching berbantuan real laboratory terhadap hasil belajar siswa pada materi Pengukuran.

Kata Kunci: model pembelajaran quantum teaching, real laboratory, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25405

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.