PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING PADA MATERI POKOK ELASTISITAS KELAS XI SMAS PAB 8 SAENTIS T.P 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inquiry training terintegrasi power point terhadap hasil belajar fisika pada materi Elastisitas kelas XI SMAS PAB 8 Saentis T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAS PAB 8 Saentis yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster rundom sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 27,90 dengan standard deviasi 9,55 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 22,67 dengan standar deviasi 8,58, setelah itu diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas. Kelas experimen dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran inquiry training terintegrasi power point dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model konvensional. setelah perlakuan tersebut, diperoleh nilai rata-rata postes kelas experimen 70,65 dengan standar deviasi 12,70 dan kelas kontrol 65,16 dengan standard deviasi 9,95. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji-t pada taraf signifikan (α) = 0,05 disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran inquiry training terintegrasi power point terhadap hasil belajar fisika pada materi Elastisitas di kelas XI SMA Swasta PAB 8 Saentis T.P. 2019/2020.
Kata Kunci: hasil belajar, inquiry training, Elastisitas.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25416
Article Metrics
Abstract view : 91 timesPDF - 76 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.