PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 17 MEDAN

Rina Gunawan Tarigan, Nurliana Marpaung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiry training dengan multirepresentasi terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest–posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 5 kelas.  Sampel ditentukan dengan cluster random sampling. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari 10 soal pilihan ganda untuk hasil belajar dan 5 soal essay untuk kemampuan pemecahan masalah dan telah divalidasi oleh validator. Data penelitian menunjukkan nilai rerata pretes hasil belajar kelas eksperimen 33,00 dan kelas kontrol 30,00. Data hasil rerata pretes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 26,22 dan kelas kontrol 25,26. Uji normalitas dan homogenitas pada data pretes kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama secara signifikan. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rerata postes hasil belajar di kelas eksperimen sebesar 69,67 dan kelas kontrol sebesar 58,33. Nilai rerata postes kemampuan pemecahan masalah di kelas eksperimen sebesar 74,52 dan kelas kontrol sebesar 65,48. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t pada hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa menunjukkan bahwa hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi di kelas eksperimen daripada kelas kontrol secara signifikan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry training dengan multirepresentasi berkontribusi pada nilai yang diperoleh siswa di kelas ekperimen. Dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran inquiry training dengan multirepresentasi berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Kata Kunci: inquiry training, multirepresentasi, hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah, Elastisitas dan Hukum Hooke.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25418

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.