PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Tiyas Sukmarani, Wawan Bunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) karakteristik modul berbasis discovery learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar; 2) tingkat kelayakan modul discovery learning; 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul berbasis discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Produk hasil pengembangan berupa modul fisika berbasis discovery learning pada materi momentum dan tumbukan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Kanan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan berbeda, kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dengan menggunakan modul dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa tanpa menggunakan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) karakteristik modul berbasis discovery learning sesuai dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa; (2) modul yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru mata pelajaran fisika dengan nilai rata-rata sebesar 3,56 dan hasil respon siswa dengan nilai 3,49; (3) uji coba modul berbasis discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan nilai standar gain 0,8 serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai standar gain 0,8.

Kata Kunci: ADDIE, modul, pembelajaran berbasis discovery learning, berpikir kritis, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25419

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.