PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS CRITICAL THINKING SKILL PADA MATERI POKOK FLUIDA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes fisika berbasis critical thinking skill pada materi pokok fluida yang memenuhi kualifikasi baik, meliputi aspek validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan uji respon pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan ADDIE yang merupakan perpanjangan dari analysis, design, development, implementation and evaluation. Hasil yang diperoleh berdasarkan validasi oleh validator adalah 86.50% dengan kategori sangat valid. Hasil implementasi menghasilkan nilai validitas pengguna 0,4-0,9. Reliabilitas instrumen 0,8, tingkat kesukaran 0,18-0,7, daya beda 0,2-0,83 dan hasil uji respon menunjukkan 77,58% responden yang menyatakan sangat setuju dengan instrumen tes jenis ini. Berdasarkan kriteria tersebut, maka 15 soal telah dinyatakan baik dan layak digunakan sebagai instrumen tes fisika untuk melatih keterampilan berpikir kritis bagi siswa.
Kata Kunci: pengembangan ADDIE, tes critical thinking, fluidaFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25420
Article Metrics
Abstract view : 217 timesPDF - 182 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.