PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA ELASTISITAS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P. 2018/2019

Yuni Evany Sinaga, Nurdin Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry dengan metode pictorial riddle terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas kelas XI semester I di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan two group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA N 2 Percut Sei Tuan terdiri dari 4 kelas berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 35 dan 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes essai keterampilan proses sains. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran scientific inquiry dengan metode pictorial riddle terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas kelas XI semester I di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan.

Kata Kunci: scientific inquiry, keterampilan proses sains, elastisitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25422

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.