PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA ELASTISITAS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry dengan metode pictorial riddle terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas kelas XI semester I di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan two group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA N 2 Percut Sei Tuan terdiri dari 4 kelas berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 35 dan 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes essai keterampilan proses sains. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran scientific inquiry dengan metode pictorial riddle terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas kelas XI semester I di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Kata Kunci: scientific inquiry, keterampilan proses sains, elastisitasFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i2.25422
Article Metrics
Abstract view : 87 timesPDF - 60 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.