EFEK MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2018/2019

Sadima Meyliza Armys, Derlina Derlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penerapan model learning cycle terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X di SMA Negeri 10 Medan pada materi usaha dan energi T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X Semester Genap SMA Negeri 10 Medan T.P. 2018/2019 sebanyak 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang masing-masing berjumlah 30 orang yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 4 item. Hasil nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 46,90 dan kelas kontrol adalah 44,52 dan nilai posttest yang diperoleh kelas eksperimen adalah 85,77 dan kelas kontrol 71,80. Setelah analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t terdapat efek model pembelajaran learning cycle terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X di SMA Negeri 10 Medan T.P. 2018/2019.

Kata Kunci: model learning cycle, kemampuan pemecahan masalah, usaha dan energi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i3.27794

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.