PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TEKNIK POLYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMAN 1 BATANG KUIS T.P 2018/2019

Yola Heldianty, Togi Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) dengan teknik Polya terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari lima kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diberi perlakuan berbeda. Kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan model problem based learning (PBL) dengan teknik Polya dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif berbentuk masalah dengan jumlah 8 soal dengan pedoman penskoran teknik Polya dan lembar aktivitas siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan pengujian hipotesis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) dengan teknik Polya terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2018/2019.

Kata Kunci: problem based learning (PBL), teknik Polya, hasil belajar kognitif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i3.27799

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.