PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA CAHAYA MEDAN

Desmon Armando Silitonga, Deo Demonta Panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan LKPD fisika kelas XI berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor berdasarkan kriteria standar kelayakan BSNP dan (2) mengetahui kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi Suhu dan Kalor menurut guru dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan memodifikasi 4D menjadi model 3D. Sampel penelitian berjumlah 36 peserta didik. Instumen yang digunakan adalah angket kelayakan materi LKPD, desain LKPD, kelayakan LKPD berbasis discover learning, penilaian guru serta peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif. Hasil validasi diperoleh pengembangan LKPD berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor pada tingkat kelayakan materi LKPD memperoleh persentase 87%, kelayakan desain LKPD 94% dan kelayakan LKPD berbasis discover learning 92%. Persentase tersebut memenuhi kriteria kelayakan BSNP dalam kriteria sangat layak. Penilaian peserta didik pada sampel kecil dan sampel besar memperoleh persentase 87% danĀ  82% dengan kriteria sangat layak, respon guru bidang studi pada LKPD memperoleh persentase 94% dengan kriteria sangat layak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i4.29776

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 344 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.