PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI VEKTOR SEMESTER 1 DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan instrumen tes pemecahan masalah pada materi vector sehingga dapat digunakan sebagai bahan instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan kognitif siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate) dimana pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X IA-1 dan IA-2 SMAS Brigjen Katamso-01 Medan. Data penelitian diperoleh berdasarkan uji kelayakan instrumen tes (validasi, realibilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan respon siswa). Validasi ahli dari 3 validator menghasilkan nilai rata-rata sebesar 86% yang bermakna instrumen tes layak untuk diujikan. Reliabilitas dari kelas pengembangan sebesar yaitu 0,63 dan dikatakan reliabel. Hasil uji respon siswa didapatkan bahwa persentasi respon positif dari 16 sampel sebesar 91.88% dalam katagori sangat baik, Hasil kemampuan kognitif siswa dalam mengerjakan instrumen tes pemecahan masalah tersebut sebesar 55,1 kelas kecil dan 54,4 kelas besar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen tes pemecehan masalah pada materi vector memenuhi hasil pengujian kelayakan instrumen tes sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengukur dan menilai kemampuan kognitif untuk pemebelajaran tatap muka maupun daring.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i4.29787
Article Metrics
Abstract view : 105 timesPDF - 110 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.