PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan besaran dan satuan di SMA Swasta HKBP Hutabayuraja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D ) menggunakan model pengembangan Sugiyono. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik yang valid digunakan sebagai media pembelajaran, ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentasi 91% dan ahli media sebesar 95%, tingkat kepraktisan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan Besaran dan Satuan di SMA yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. Respon siswa pada uji coba terbatas dengan melibatkan 6 responden memperoleh persentasi 86%, sedangkan pada uji coba luas dengan melibatkan 21 responden memperoleh persentasi 86% dan respon guru melibatkan 1 responden memperoleh persentasi 98 % dengan masing masing persentasi termasuk dalam kriteria sangat praktis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i4.29788
Article Metrics
Abstract view : 122 timesPDF - 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.