LKPD BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SIMULASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja siswa (LKPD) berbasis masalah berbantuan simulasi komputer terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini ialah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI Semester I di salah satu SMA Negeri di Medan yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas eksperimen XI IPA-2 dan kelas kontrol XI IPA-5. Kelas eksperimen pembelajaran dengan penggunaan LKPD berbantuan simulasi komputer dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan berpikir kreatif berbentuk uraian berjumlah 8 soal berbasis masalah. Sebelum pembelajaran dilakukan tes awal yang tujuannnya melihat kemampuan awal siswa terhadap keterampilan berpikir kretaif siswa pada materi Fluida Statis. Sesudah pembelajaran dilakukan tes akhir. Data tes awal dan tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji beda (uji-t) dengan syarat data berdistribusi normal dan homogeny. Berdasarkan uji t terdapat perbedaan yang signifikan, yang berarti ada pengaruh penggunaan LKPD berbasis masalah berbantuan simulasi komputer terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi Fluida Statis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v9i4.29793
Article Metrics
Abstract view : 102 timesPDF - 126 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.