PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2020/2021

Sri Devi Sylvia Simamora, Juniastel Rajagukguk

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI di SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian two group pretest – posttest design. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA - 1 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA - 6 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay berjumlah soal 7 item yang telah dinyatakan valid oleh para ahli dan observasi aktivitas keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains pada materi Fluida Statis di SMA Negeri 5 Medan kelas XI T.A 2020/2021.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i1.33127

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.