PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Torri Celly Sianturi, Motlan Motlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media Physics Education Technology (PhET) terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan bentuk desain control group pretest-posttest. Populasi penelitian ini terdisi dari 5 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X Ki Hajar Dewantara  sebagai kelas eksperimen dan kelas X Alkhawarizmi sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes essay sebanyak 8 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji t.Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretes dan postes di kelas eksperimen masing-masing adalah 34.1 dan 77.57 sedangkan nilai rata-rata pretes dan postes di kelas kontrol masing-masing adalah 32.97 dan 70.9. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan sebesar 53.60 (cukup aktif) pada pertemuan pertama, pertemuan kedua sebesar 62.0 (aktif) dan pertemuan ketiga sebesar 71.6 (aktif) dengan rata-rata sebesar 63.1 dengan kategori aktif. Analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhETterhadap hasil belajar fisika siswa SMA.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i1.33129

Article Metrics

Abstract view : 307 times
PDF - 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.