PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI MAN 3 MEDAN

Abdul Bokar Siregar, Winsyahputra Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di Kelas XI MAN 3 Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas XI semester I Man 3 Medan yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian diambil dari dua kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry dan XI MIA-6 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar keterampilan proses sains berbentuk essay test berjumlah 6 soal dan observasi aktivitas keterampilan proses sains. Kemudian diperoleh nilai rata-rata posttes pada kelas eksperimen sebesar 79,00 dan kelas kontrol sebesar 66,83. Hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5%% menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains siswa pada materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Kelas XI MAN 3 Medan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i2.34970

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.