PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SEMESTER I MAN 3 LANGKAT T.A 2020/2021
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD fisika berbasis discovery learning pada materi pokok usaha dan energi yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 3 Langkat yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D (define, design, development, diseminate)models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD fisika berbasis discovery learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 83%, ahli media 85%, penilaian guru fisika sebesar 86%, dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba luas persentase respon peserta didik dengan sampel 30 orang sebesar 88% dengan kriteria sangat baik, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik dapat disimpulkan LKPD fisika berbasis discovery learning pada materi pokok Usaha dan Energi layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i2.34974
Article Metrics
Abstract view : 547 timesPDF - 256 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.