PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SECARA DARING BERBANTUAN MEDIA EDMODO PADA MATERI USAHA & ENERGI

Eunike Sindy Nababan, Makmur Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) secara daring berbantuan media edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha & Energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain two group pretest – Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, terpilih dua kelas dari lima kelas sebagai kelas sampel yaitu X MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensioanal dan X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD secara daring berbantuan media edmodo yang masing-masing berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu divalidasi oleh para ahli. Hasil rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 37,22 dan hasil rata-rata postes sebesar 65,83, sedangkan hasil rata-rata pretes untuk kelas eksperimen sebesar 40,83 dan hasil rata-rata postes sebesar 79,16. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara daring berbantuan media Edmodo terhadap hasil belajar pada materi Usaha dan Energi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i2.34977

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.